Hukum Melaksanakan Shalat Dzuhur Setelah Shalat Jum’at

Posted By on February 13, 2011

Pada buletin shalat Jum’at kali ini saya mendapatkan satu lagi topik yang menarik untuk di share disini. Seputar hukum dari dilaksanakannya shalat Dzuhur setelah shalat Jum’at. Berikut penjelasan yang saya dapat dari pertanyaan pada judul diatas. Semoga informasi yang akan saya berikan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan dunia Islam.

Mereka yang melakukan shalat Dzuhur setelah shalat Jum’at didasarkan pada dua alasan. Alasan pertama, bahwa shalat Dzuhur wajib dilaksanakan setiap hari termasuk pada hari Jum’at bagi orang yang telah shalat Jum’at. Alasan kedua, shalat Dzuhur itu sebagai ikhtiyath (kehati-hatian), jika menurut mereka pelaksanaan shalat Jum’at hati itu dipandang kurang kuat dan tidak memenuhi persyaratan dalam mazhab Syafi’i.

Mereka yang menyatakan shalat Dzuhur tetap wajib sesudah shalat Jum’at berpegang pada hadits: “ Sesungguhnya Allah SWT telah memfardhukan atas mereka lima kali shalat dan tiap-tiap hari dan malam ” (HR. Bukhari). Menurut Said Sabiq, shalat Dzuhur setelat shalat Jum’at sesuai kesepakatan ulama tidak boleh karena shalat Jum’at itu sebagai pengganti shalat Dzuhur. Sedang Allah tidak mewajibakn kepada kita enam shalat dalam sehari semalam. Apabila ada yang membolehkan shalat Dzuhur setelah shalat Jum’at, maka hal itu tidak didasarkan alasan yang kuat.

Prof. Dr. Ahmad Syarbasi menegaskan bahwa ulama sepakat shalat yang diwajibkan dalam agama Islam ada lima, yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. Shalat Jum’at menempati kedudukan shalat Jum’at. Pendapat yang menyatakan tidak perlu shalat Dzuhur sesudah melaksanakan shalat Jum’at lebih kuat dan pendapat ini yang dianut oleh para jumhur ulama.

Sumber: Dr. Firdaus, M.A.

About the author

Comments

35 Responses to “Hukum Melaksanakan Shalat Dzuhur Setelah Shalat Jum’at”


  1. assalamu”alaikum wr wb ,ustad sya mau tnya, bgaimana jka sya shalat jum”at tp tdk mendngrkan khotbah krn terlmbat, apa sya hrus shalat dzuhur?


  2. klau sy tidak sepakt klw tidk shlt suhur stlh slat jumt,


  3. Assalam.kum Wr.Wb.: Beberapa orang sependapat dan berpegang pada hadits: “ Sesungguhnya Allah SWT telah memfardhukan atas mereka lima kali shalat dan tiap-tiap hari dan malam ” (HR. Bukhari); dan tidak satupun ayat dalam Al Quran yang menegaskan (mengisyaratkan) bahwa sholat jum’at adalah pengganti sholat Zohor. Adapun hadist
    Dari Ibnu Abbas ra bawa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila datang waktu siang hari Jum’at maka shalatlah dua rakaat.” (HR Ad-Daruqutuny). Ini hanyalah penafsiran bahwa sholat dua rakaat itu adalah perintah pengganti shalat dhuhur. Bukankah pada siang hari jum,at itu ada sholat2 sunnat yang lain. Pada hal dalam suatu riwayat pernah dua orang sahabat Rasul SAW melihat beliau Sholat EMPAT RAKAAT setelah sholat jum’at, kedua nya tidak bertanya kepada Rasul SAW tentang Sholat itu ( keduanya menyimpulkan bahwa Sang Rasul melakukan sholat sunnat EMPAT rakaat (ba’dah jum’at). Itu sebabnya timbul lagi silang pendapat tentang jumlah rakaat pada sholat sunnat ba’dah jum’at ( ada ulama menyatakan hanya dua rakaat, ada pula menyatakan empat rakaat). Apakah yang pernah dilihat dua orang sahabat tadi : Sholat Zohor atau Sholat Sunnat empat rakaat ??? ; hanya اَللّهُ yang Maha Melihat lagi Maha Mengetahui. Oleh sebab itu tidaklah PANTAS satu sama lain saling mengklaim bahwa pendapatnyalah yang paling benar. ” Berpuasalah ….. Berhajjilah …….Berwudhulah ….. Sholatlah” … Seperti atau sebagaimana AKU……. ” Namun siapa diantara empat Imam Besar kita yang pernah melihat langsung Nabi Muhammad SAW ??? ; Apalagi kita di abad XX ini. Oleh sebab itu timbullah pendapat dan penafsiran . Mohon maaf jika tidak berkenan dihati.


  4. Saya stuju dengan pendapat tersebut,namun yang perlu kita berikan pemahaman kepada khalayak umum sekarang adalah Bagaimana hukumnya bagi orang yang tidak melaksanakan shalat jum’at,apakah dia berdosa atau boleh mengganti dengan shalat dzuhur.Setahu saya di hari jum’at tidak ada kewajiban shalat dzuhur bagi Pria.Pendek kata pada hari jum’at tidak ada keterangan dari syar’i yang membolehkan untuk melakukan shalat dzuhur ataupun dengan istilah I’adah dzuhur.Ini artinya pada hari jum’at orang laki-laki wajib shalat jum’at,apabila shalat jum’at di tinggalkan maka dia berdosa.Shalat jum’at tidak bisa di ganti dengan shalat dzuhur,perhatikan firman Allah dalam surat Jum’ah :
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَ‌ٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ ﴿٩﴾ فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
    9. Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli . Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
    10.Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
    Di ayat tersebut mengatakan apabila sudah diserukan adzan pada hari jum’at di perintah untuk bersegera menunaikan shalat jum’at dan lebih lebih ada perintah tinggalkan perniagaan.Yang di maksud dengan perniagaan itu adalah setiap aktifitas yang menghasilkan.dari sini sangat jelas bukan mudah-mudahan bermanfa’at,amin ya robbal alamin.


  5. tlng ksh penjelasan yg shohehnua aja biar lbh jelas,krn ilmu fiqh bnyk pendapat dari berbagai madhab,trima ksh


  6. Sebagi orang islam, perbedaan adalah suatu rohmat. Berpeganglah pada prinsip kita, jika manusia baik maka kita baik, jika kebanyakan manusia tidak baik… maka kita harus tetap baik. Qola Rosululloh saw. : “ANNALLOHA KHOMSA SHOLAWAATIN FII KULLI YAUMIN WA LAILATIN.” (‘An Ibnu Abbas) Rowahul Bukhori/Jilid I/Bab Wujubuz Zakat, hal./242. “Bersabda Rosululloh saw,” Sesungguhnya Allah Ta’ala itu sungguh2 memfardlukan atas mereka lima kali sholat dalam tiap-tiap hari dan malam”. Ini mengandung,
    ” Mereka” yang dimaksud adalah orang islm bagaimanapun keadaanya
    “lima kali sholat” yang dimaksud adalah tidak boleh lebih/kurang, tidak boleh diganti baik nama ataupun aturannya, tidak akan dihapus meskipun satu kali selamanya. dan tidak ada rukhsoh bagi shlat 5 waktu
    “Dalam tiap-tiap hari dan malam” ini mengandung shalat fardlu sbh,dzuh,’asy,magh,isya.sebab tdk ada shalat fardlu 5x yg wajib dikerjakan tiap-tiap hari kecuali shalt2 tsb. dan lafadz “kulli yaumin walailatin” tdk menyebut nama hari mg,sn,sls,rb,km,jm,sbt, hanya disebut tiap2 hari dan malam. Ini menunjukkan mutlak segala hari dari hari ahad sampai hari sabtu. tidak boleh ada satu haripun yang boleh kurang dari shalat fardlu lima kali tersebut, meskipun pada hari jumat. Kedua : “lishsholaati min yaumil jumu’ati” (Qs. Jumu’ah/9)
    “Untuk mengerjakan sholat pada hari Jumat” Mengandung ketentuan:
    1. Umat islam diperintah sholat selain shalat fardlu yang 5 kali, yaitu tiap-tiap 7 hari sekali.
    2. Dalam ayat ini namanya hari disebutkan yaitu pada yaumil jumat
    3. Mengandung ketentuan, tidak boleh dilain hari jumat
    4. Dan mengandung ketentuan waktunya pada waktu yaumul jumat penuh
    5. mengandung ketentuan bahwa shalat jumat itu bukan shalat kulli yaumin walailatin, akan tetapi khusus yaumil jumat, bukan shalat lailatil jumat
    6. mengandung ketentuan shalt jumat tidak ada hubungan apa2 dengan shalat dzuhur
    Rasul Saw dan para sahabat tidak melakukan shalat zuhur stlh shalat jumat karena shalat dhuhur tidak disyariatkan waktunya setelah shlt jumat dan shalt jumat tdk disyariatkan mengerjakan sekaligus dzuhur oleh karena itu tdk pernah rosululloh dan para sahabt shlt dzhur stl shalt jumat, dan pula tidak pernah memberikan conth shalt jumat sekaligus shlt dhuhur. Yang ada, pernah dlm syariat islam yaitu pernah shlat dhuhur ditiap-tiap wkt dzuhur dan shalat jumat di tiap-tiap yaumil jumat.


  7. kayakne manteb tuh pendapanya yeni….
    memang mesti dibedakan antara kewajiban sholat dalam tiap2 sehari semalam dengan sholat seminggu satu kali…..
    meskipun mayoritas ulama berpendapat sholat jumat itu gantinya sholat dhuhur saya tidak peduli,sebab faktanya dari AlQuran surat Jumat ayat 9 +hadist diatas sudah sangat jelas dan kuat…..kan dasar hukum tertinggi kitA YA alQuran hadits…..


  8. khir-akhir ini sangat marak berbagai macam aliran tumbuh di tengah-tengah masyarakat, masing-masing aliran ini terkadang membawa ajaran-ajaran yang terkadang tidak populer di masyarakat. Diantara ajaran yang disampaikan oleh salah satu aliran yang agak meresahkan masyarakat adalah prinsip bahwa shalat jumat tidak menggugurkan kewajiban dzuhur, sehingga seseorang tetap berkewajiban dzuhur setelah jumat.

    Pertanyaan

    a. Apakah benar shalat dzuhur pasca diselenggarakannya shalat jumat tergolong iadah (mengulang shalat) yang disyariatkan karena alasan :

    - Jumlah jamaah kurang dari hitungan yang semestinya.

    - Terjadi taadud penyelenggaraan jumat antara masjid-masjid yang berdekatan.

    - Lokasi pelaksanaan jumat di luar ibukota

    - Khutbah jumat menggunakan bahasa ajam (selain arab)

    - Menganggap shalat jumat tidak menggugurkan shalat dzuhur?

    b. Tepatkah alasan diatas digunakan sebagai pertimbangan hukum dalam meragukan keabsahan shalat jumat?

    c. Tergolong bid’ahkah pembiasaan shalat dzuhur setelah shalat jumat?

    Jawaban

    a. Benar tergolong iadah yang disyariatkan, kecuali karena alasan bahwa shalat jumat tidak bisa menggugurkan shalat dzuhur. Tidak ada satupun pendapat yang menyatakan bahwa shalat jumat belum bisa menggugurkan kewajiban shalat dzuhur. Sedangkan iadah dengan alasan shalat jumat dilaksanakan di luar ibukota kabupaten/kota juga dapat dibenarkan apabila yang dimaksud dengan ibukota kabupaten adalah “mishru” sebagaimana dalam madzhab hanafi yaitu: tempat yang terdapat aparat penegak hukum seperti polsek. Sedangkan apabila yang dimaksud khutbah dengan menggunakan bahasa ajam adalah pada semua rukun khutbah kecuali ayat alquran maka juga dapat dibenarkan.

    b. Tepat sesuai dengan jawaban diatas, sebab untuk menghindari khilaf berkaitan dengan keabsahan shalat jumat.

    c. Tidak termasuk bid’ah bahkan disunnahkan kecuali yang beralasan shalat jumat tidak menggugurkan kewajiban shalat dzuhur.

    Dasar Pengambilan Hukum

    Bughat al Musytarsyidin 80

    (مسألة: ي): ونحوه ج: متى كملت شروط الجمعة إلي أن قال: لم تجز إعادتها ظهراً، بخلاف ما إذا وقع في صحتها خلاف ولو في غير المذهب، فتسنّ إن صحت الظهر عند ذلك المخالف، ككل صلاة وقع فيها خلاف غير شاذ… إلي أن قال: وإذا قلد الشافعي من يقول بصحتها من الأئمة مع فقد بعض شروطها تقليداً صحيحاً مستجمعاً لشروطه جاز فعلها بل وجب حينئذ، ثم يستحب إعادتها ظهراً ولو منفرداً خروجاً من خلاف من منعها، إذ الحق أن المصيب في الفروع واحد والحق لا يتعدد، فيحتمل أن الذي قلده في الجمعة غير مصيب، وهذا كما لو تعددت الجمعة للحاجة، فإنه لكل من لم يعلم سبق جمعته أن يعيدها ظهراً، وكذا إن تعددت لغير حاجة وشك في المعية فتجب إعادتها جمعة، إذ الأصل عدم وقوع جمعة مجزئة، وتسن إعادتها ظهراً أيضاً احتياطاً بل قال الغزالي بوجوبه هنا، وقد صرح أئمتنا بندب إعادة كل صلاة وقع خلاف في صحتها ولو منفرداً، ومن قال إن الجمعة لا تعاد ظهراً مطلقاً، لأن الله تعالى لم يوجب ستة فروض في اليوم والليلة فقد أخطأ

    Qurrat al Ain Fatawy Al Sheikh Sulaiman Al Kurdi 68

    (سئل رحمه الله تعالي) الجمعة إذا لم تستوف الشروط وصليت بتقليد أحد المذاهب وأراد المصلون إعادتها ظهرا هل يجوز ذلك او لا أفيدوا ؟ (الجواب) نعم ذلك جائز لا منع فيه بل هو الأحوط لما صرحوا به من ندب إعادة كل صلاة وقع في صحتها خلاف ولو مع الإنفراد اهـ

    Al Mausuat al Fiqhiyah 27

    الشرط الأول: اشترطه الحنفية, وهو أن يكون المكان الذي تقام فيه (مصرا) والمقصود بالمصر كل بلدة نُصِبَ فيها قاض تُرفع إليه الدَّعاوَي والخًُصومَاتُ. قال في المَبْسُوطِ: وَظَاهرُ المَذْهَبِ فِي بياَنِ حَدِّ المصر الجامع : أن يَكون فيه سلطان او قاض لإِقامة الحدود وتنفيذ الأحكام

    Radd al Muhtar II hal 138

    وَظَاهِرُ الْمَذْهَبِ أَنَّهُ كُلُّ مَوْضِعٍ لَهُ أَمِيرٌ وَقَاضٍ يَقْدِرُ عَلَى إقَامَةِ الْحُدُودِ ( قَوْلُهُ لَهُ أَمِيرٌ وَقَاضٍ ) أَيْ مُقِيمَانِ فَالِاعْتِبَارُ بِقَاضٍ يَأْتِي أَحْيَانَا يُسَمَّى قَاضِيَ النَّاحِيَةِ …إلي أن قال: ثُمَّ الْمُرَادُ مِنْ الْأَمِيرِ مَنْ يَحْرُسُ النَّاسَ وَيَمْنَعُ الْمُفْسِدِينَ وَيُقَوِّي أَحْكَامَ الشَّرْعِ كَذَا فِي الرَّقَائِقِ . وَحَاصِلُهُ أَنْ يَقْدِرَ عَلَى إنْصَافِ الْمَظْلُومِ مِنْ الظَّالِمِ كَمَا فَسَّرَهُ بِهِ فِي الْعِنَايَةِ . ( قَوْلُهُ يَقْدِرُ إلَخْ ) وَفِي شَرْحِ الشَّيْخِ إسْمَاعِيلَ عَنْ الدَّهْلَوِيِّ لَيْسَ الْمُرَادُ تَنْفِيذَ جَمِيعِ الْأَحْكَامِ بِالْفِعْلِ ؛ إذْ الْجُمُعَةُ أُقِيمَتْ فِي عَهْدِ أَظْلَمِ النَّاسِ وَهُوَ الْحَجَّاجُ وَإِنَّهُ مَا كَانَ يُنَفِّذُ جَمِيعَ الْأَحْكَامِ ، بَلْ الْمُرَادُ – وَاَللَّهُ أَعْلَمُ – اقْتِدَارُهُ عَلَى ذَلِكَ ا هـ وَنُقِلَ مِثْلُهُ فِي حَاشِيَةِ أَبِي السُّعُودِ عَنْ رِسَالَةِ الْعَلَّامَةِ نُوحٍ أَفَنْدِي .أَقُولُ : وَيُؤَيِّدُهُ أَنَّهُ لَوْ كَانَ الْإِخْلَالُ بِتَنْفِيذِ بَعْضِ الْأَحْكَامِ مُخِلًّا بِكَوْنِ الْبَلَدِ مِصْرًا عَلَى هَذَا الْقَوْلِ الَّذِي هُوَ ظَاهِرُ الرِّوَايَةِ لَزِمَ أَنْ لَا تَصِحَّ جُمُعَةٌ فِي بَلْدَةٍ مِنْ بِلَادِ الْإِسْلَامِ فِي هَذَا الزَّمَانِ بَلْ فِيمَا قَبْلَهُ مِنْ أَزْمَانٍ فَتَعَيَّنَ كَوْنُ الْمُرَادِ الِاقْتِدَارَ عَلَى تَنْفِيذِ الْأَحْكَامِ ، وَلَكِنْ يَنْبَغِي إرَادَةُ أَكْثَرِهِمَا وَإِلَّا فَقَدْ يَتَعَذَّرُ عَلَى الْحَاكِمِ الِاقْتِدَارُ عَلَى تَنْفِيذِ بَعْضِهَا لِمَنْعٍ مِمَّنْ وَلَّاهُ

    Raudl al Thalibin I hal 418

    وهل يشترط كون الخطبة كلها بالعربية؟ وجهان. الصحيح: اشتراطه، فإن لم يكن فيهم من يحسن العربية، خطب بغيرها. ويجب أن يتعلم كل واحد منهم الخطبة العربية، كالعاجز عن التكبير بالعربية. فإن مضت مدة إمكان التعلم ولم يتعلَّموا، عصَوا كلهم، ولا جمعة لهم.

    Kifayat al Akhyar I hal 231

    السادس … وهل يشترط كونها عربية؟ الصحيح نعم لنقل الخلف عن السلف ذلك، وقيل لا يجب لحصول المعنى، فعلى الصحيح لو لم يكن فيهم من يحسن العربية جاز بغيرها، ويجب على كل واحد أن يتعلمها بالعربية كالعاجز عن التكبير بالعربية فإن مضت مدة إمكان التعليم ولم يتعلم أحد منهم عصوا كلهم ولا جمعة لهم بل يصلون الظهر كذا قاله الرافعي

    Hamisy al Mauhibah Dzi al Fadl III hal 231

    (قوله وكونهما أي الخطبتين بالعربية) أي الأركان كما في النهاية وغيرها زاد في التحفة دون ما عداها, قال إبن قاسم يفيد ان كون ماعدا الأركان من توابعها بغير العربية لا يكون مانعا من الموالات

    Al Hawy Lil Fatawy al Suyuthi 192

    قال النووي في تهذيب الأسماء واللغات: البدعة في الشرع هي إحداث مالم يكن في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلّم وهي منقسمة إلى حسنة وقبيحة، وقال الشيخ عز الدين بن عبد السلام في القواعد: البدعة منقسمة إلى واجبة ومحرمة. ومندوبة ومكروهة ومباحة، قال: والطريق في ذلك أن نعرض البدعة على قواعد الشريعة فإذا دخلت في قواعد الإيجاب فهي واجبة، أو في قواعد التحريم فهي محرمة، أو الندب فمندوبة، أو المكروه فمكروهة، أو المباح فمباحة،


  9. assalamualaikum pak ustadz…
    saya mau tny nie…

    bagaimana penjelasan org meninggalkan sholat jum’at karna ada halangan pekerjaan…
    apakah di wajib kan sholat dzuhur…


  10. Assalamualaikum wr wb.
    saya mau tanya ; Apa yang harus dilakukan laki laki saat tidak bisa menghadiri sholat jumat


  11. Ass. Tidak ada alasan yang jelas kenapa kita meninggalkan shalat dzuhur di waktu jum’at….
    shalat jum’at diturungkan oleh Allah pada saat Nabi Muhammad berada di Madinah. perintah shalat jum’at ini dibawa oleh jibril dengan alasan wahijjul fukara wahijjul masakin….
    sedangkan shalat dzuhur, salah satu shalat fardhu yang diterima oleh Nabi Muhammad saat isra’ mi’raj…
    dan setelah datangnya perintah shalat jum’at tidak perintah tambahan bahwa shalat jum’at pengganti shalat dzuhur……


  12. alkhamdulillah… disini semuanya orang yg memiliki pengetahuan agama yang sangat luas, alkhamdulillah itu adalah ilmu allah…… “saya cm ingin ngomong, jalankalah apa ya kalian yakini, karena hanya Allah swt yg menerima almal dan ibadahmu”, dialah yg haq, adapun tentang perbedaan itu merupakan suatu ilmu Allah yg harus dijalankan dan direnungi bahwa itu adalh Ilmu Allah


  13. Membicarakan pemahaman itu memang bagus, dan itu adalah salah satu dari merernungi dan berfikir bahwa itu adalah ilmu Allah yg tidak ada batasnya…. tetapi jika kita bercerai berai karena pemahaman ITU YANG SALAH DAN TIDAK DISUKAI ALLAH,,,, maaf jika ada yang salah dari kata-kataku, kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan ada pada diri kita…..


  14. Assalamu’alaikum ,,,sebelumnya 5f…Nah beginilah para2 ‘alim2 yg digambarkan oleh ALMAGFURLLOH KH.ASRORI AL ISHAQI.:”WA AFATUL ‘AQLI AL HADARU” pendapatnya tidak membuat keyaqinan tp malah membuat bingung pada masyarakat…Masyarakat tu cuma butuh keyaqinan yg pasti,bukanya semua dalil dijelaskan,ya e5ng bner semua itu benar,tapi yang diambil tu yg mana ,,,?? mhon 5f dan trimakasih..


  15. Bagiku, yang masuk akal adalah renungan sdr Yeni, on April 1st, 2012 at 3:48 pm di atas , agaknya beliau adalah murid Pesantren Majma’al Bahrain – Shiddiqiyyah Ploso nJombang …….., seperti juga aku. Hehehe…..


  16. Assalamualaikum..wr.wb, sepertinya hal ini tidak perlu diperdebatkan, mau melakukan shalat djuhur setelah shalat jum’at, atau pun tidak menurut saya smuanya sah2 saja.

    Ibnu Abbas ra bawa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila datang waktu siang hari Jum’at maka shalatlah dua rakaat.” (HR Ad-Daruqutuny).

    Yang berarti, tidak perlu lagi melakukan shalat dzuhur. Selain itu, tidak ada riwayat di mana para Sahabat Nabi melakukan salat dzuhur setelah shalat Jum’at.

    Dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim diceritakan seorang pedalaman (A’rabi) bertanya pada Nabi apakah ia harus melakuksan shalat lain selain Jum’at? Jawab Nabi: إلا أن تطوع شيئاً (Tidak, kecualu shalat sunnah).

    Namun demikian, ada sejumlah ulama madzhab Syafi’i muta’akhirin (yang akhir) yang mewajibkan shalat dhuhur setelah Jum’at dengan alasan untuk berhati-hati (ihtiyath) apabila salah satu syarat shalat Jum’at tidak terpenuhi. Bagi yang berpendapat shalat seperti ini tidak sah, maka mengulangi shalat Jum’at denan shalat dhuhur adalah sunnah.

    Hikmah shlat Jum’at :
    1. Simbol persatuan sesama Umat Islam dengan berkumpul bersama, beribadah bersama dengan barisan shaf yang rapat dan rapi.
    2. Untuk menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antar sesama manusia. Semua sama antara yang miskin, kaya, tua, muda, pintar, bodoh, dan lain sebagainya.
    3. Menurut hadis, doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT akan dikabulkan.
    4. Sebagai syiar Islam.


  17. mantap,ane jadi bingungwah ane jadi bingung


  18. yang penting mencari ridho allah


  19. BIsmillah, assalamu alaikum.. cara terbaik menilai sebuah ibadah apakah waji atau tidak atau bahkan haram adalah mencontoh Rasulullah. Jika ibadah itu pernah dilakukan oleh Rasulullah, maka silahkan dan jika tidak maka tinggalkan. sama halnya dengan sholat duhur setelah sholat Jumat, apakah Rasulullah dan para sahabatnya melakukan hal tersebut atau tidak..


  20. persoalan tersebut memang rumit kl kita cm ikut-ikutan (taqlid doang),sebenarnya ada 2 fersi jawaban saya, bagi pengkut madzhab apa saja (4 madzhab),d dlm kitab Al fiqh ‘alaa madzaahibii ‘arba’ah :” Wahiya fardhu ainin ‘alaa kulli mukallafin,qaadirin, mustakmilin lisyuruutihaa,walaisat badlan ‘ani dzhuhri”,ini jlas dkatakan 4 imam madzhb bhw shlt jumat itu bukan pggantix shalat dzhuhur. kl mau lg secara paradigma berpikir kt. shalat dzhuhur itu kl tertinggl bs diqada’ d wktu lain,kl shlat jumat mau diqada’ dwktu mana.mslah dalil al-quran maupun hadits smpai dimanapun kt mencari tk bkalan ktmu dgn dalil nasikh-mansukh persoalan tergantinya shalat dzhuhur oleh shlat jumat,mhon maaf bilamana kurang berkenang,Wassalam jami’aan


  21. memang banyak pendapat diseputar sholat jumat… sholat lima waktu adalah sholat yang ditentukan waktu2nya…dan dilakukan tiap2 hari… termasuk pada hari jumat……………. (.An nisaa-103):.”. maka apabila kamu telah menyelesaikan sholatmu,ingatlah Allah diwaktu berdiri,diwaktu duduk dan diwaktu berbaring.kemudian apabila kamu telah merasa aman,maka dirikanlah sholat itu sebagaimana biasa.Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang orang yang beriman….”………. menurut pemahaman saya… begitu masuk waktu duhur maka dirikanlah sholat dhuhur..karena sholat harus tepat waktu…..kemudian baru laksanakan sholat jumat dg didahului khotbah kurang lebih 30 menit…….Nabi menerima perintah sholat lima waktu dan menerima perintah sholat jumat…..maka nabi tidak akan berani mengganti mengurangi atau menambahi…surat yunus -15…”.Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat ayat Kami yang nyata,…orang orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami berkata “Datangkanlah Alquran yang lain dari ini atau gantilah dia ..Katakanlah: “Tidaklah patut bagiku menggantinya dari pihak diriku sendiri..aku tidak mengikut kecuali apa yang diwahyukan kepadaku.Sesungguhya aku takut jika mendurhakai Tuhanku kepada siksa hari yang besar (kiamat)….” .maka pada hari jumat nabi sholat dhuhur dan dilanjutkan sholat jumat…..dan juga untuk kaum perempuan….kenapa se olah olah sekarang solat jumat tidak wajib bagi mereka…padahal dalam surat Jumu ah :9……” Hai orang orang yang beriman..apabila diseru untuk menunaikan shalat jumat..maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli..yang demikian itu baik jika kamu mengetahui….”……seruan ini adalah untuk orang2 beriman…maka jika merasa beriman datanglah solat jumat….baik laki2 ataupun perempuan….


  22. Saya kawatir pendapat “membenarkan bahwa sholat jumat menggugurkan sholat dhuhur” sebagaimana yg dipahami banyak kalangan menjadikan umat akhir zaman.menjafi kafir, bukankah meninggalkan sholat duhur 1x saja maka kita sdh digolongkan kafir, Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat wajib 5 waktu sekali saja dlm hidupx setelah diterax sholat tersebut.
    Semua dalil yg diangkat dlm setiap pembahasan persoalan ini rata2 adalah dalil yg ditafsirkan sedemikian rupa seolah itu memang dalil yg menjadi dasar dlm persoalan ini. Ingat ini adalah persoalan wajib dlm rukun islam. Sholat 5 waktu itu sdh srmpurnah sblm turun perintah sholat jumat sehingga dlm setiap dalil tentang sholat jumat tdk lg dibahas kelima sholat wajib tersebut, itulah mengapa para sahabat tdk lagi mempertanyakan sholat dhuhur di har jumat. Sholat jumat diturunkan saat nabi menghawatirkan bgm umatx kelak jika beliau sdh tidak ada, bagaimana mengumpulkan umatx, bagaimana dakwah beliau tetap terjaga hingga akhir zaman.sholat jumatlah jawbn Allah.
    Tinggalkan jual beli itu bkn berarti jual beli tidak boleh lagi (ada yg membahas ini diatas)
    Tidak ada dalil yg menyatakan bahwa boleh sholat duhur setelah sholat jumat, lalu bagaimana klo saya bertanya terbalik “ada tidak dalil yg membatalkan shalat duhur setelah sholat jumat?
    Jawaban yg muncul kebanyakan tidak relevan hax spekulasi.
    kita bisa membandingkan keutamaan keduax. 5rukun islam itu diantarax mengerjakan sholat lima waktu, bukan sholat hari jumat yg beberapa ulama mengkategotikan sholat jumat itu adalah sholat wajib aidiljumat ato sholat hari raya. Setiap hari raya ada sholat yg mengikutinya.
    Demikian,
    Mohon maaf jika ada salah kata. Kesalahan datangx dari saya, dan hanya Allahlah yg Maha Benar…


  23. Ikuti saja rosulluwloh kalau kita memang umatnya wasalam


  24. DUA DALIL CUKUP DUA DALIL CUKUP Untuk Membuktikan Kekeliruannya Orang Yang Untuk Membuktikan Kekeliruannya Orang Yang Tidak Mengerjakan Sholat Dhuhur Pada Hari Jum’at Tidak Mengerjakan Sholat Dhuhur Pada Hari Jum’at Dengan Alasan Dia Telah Mengerjakan Sholat Jum’at. Dengan Alasan Dia Telah Mengerjakan Sholat Jum’at.

    Qoola Rosululloh SAW: “Annalloha Ta’aala Qod Qoola Rosululloh SAW: “Annalloha Ta’aala Qod Iftarodho ‘Alaihim Khomsa Sholawaatin Fii Kulli Iftarodho ‘Alaihim Khomsa Sholawaatin Fii Kulli Yaumin Wa Lailatin.” (An Ibnu Abbas Rowahul Yaumin Wa Lailatin.” (An Ibnu Abbas Rowahul Bukhori/Jilid I/Bab Wujubuz Zakat Hal 242) Bukhori/Jilid I/Bab Wujubuz Zakat Hal 242) Bersabda Rosululloh SAW : “Sesungguhnya Alloh Bersabda Rosululloh SAW : “Sesungguhnya Alloh Ta’aala Itu Sungguh Sungguh Memfardhukan Atas Ta’aala Itu Sungguh Sungguh Memfardhukan Atas Mereka Lima Kali Sholat Dalam Tiap Tiap Hari Dan Mereka Lima Kali Sholat Dalam Tiap Tiap Hari Dan Malam,” Malam,” KANDUNGAN DALIL INI KANDUNGAN DALIL INI Iftarodho ‘Alaihim (Mewajibkan Atas Iftarodho ‘Alaihim (Mewajibkan Atas Mereka) Mereka) Maksud “Mereka ” Adalah Mereka Orang Maksud “Mereka ” Adalah Mereka Orang Orang Islam,Hamba Sahaya, Sehat, Sakit, Tua, Muda, Orang Islam,Hamba Sahaya, Sehat, Sakit, Tua, Muda, Musafir, Mukim, Bangun, Tidur, Lupa, Ingat, Dimana Musafir, Mukim, Bangun, Tidur, Lupa, Ingat, Dimana Saja, Keadaan Bagaimanapun. Saja, Keadaan Bagaimanapun. Khomsa Sholawatin Khomsa Sholawatin (Lima Kali Sholat) (Lima Kali Sholat) Mengandung Ketetapan Ketetapan Yaitu: Mengandung Ketetapan Ketetapan Yaitu: 1. Tidak Boleh Lebih Dari Lima Kali. 1. Tidak Boleh Lebih Dari Lima Kali. 2. Tidak Boleh Kurang Dari Lima Kali. 2. Tidak Boleh Kurang Dari Lima Kali. 3. Tidak Boleh Diganti, Baikpun Namanya Maupun Tata Caranya. 3. Tidak Boleh Diganti, Baikpun Namanya Maupun Tata Caranya. 4. Tidak Akan Dihapus Meskipun Satu Kali, Untuk Selama Lamanya. 4. Tidak Akan Dihapus Meskipun Satu Kali, Untuk Selama Lamanya. 5. Tidak Ada Rukhshoh Bagi Sholat Fardhu Lima Kali. 5. Tidak Ada Rukhshoh Bagi Sholat Fardhu Lima Kali. Fikulli Yaumin Walailatin (Dalam Tiap Tiap Hari Dan Malam) Fikulli Yaumin Walailatin (Dalam Tiap Tiap Hari Dan Malam) Dalam Kalimat Dalam Kalimat Kulli Yaumin Walailatin Mengandung Ketentuan: Kulli Yaumin Walailatin Mengandung Ketentuan: 1. Sholat Fardhu Lima Kali Tersebut Jelaslah Maksudnya Sholat Fardhu Dzuhur, 1. Sholat Fardhu Lima Kali Tersebut Jelaslah Maksudnya Sholat Fardhu Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya’, Shubuh, Sebab Tidak Ada Sholat Fardhu Lima Kali Yang Ashar, Maghrib, Isya’, Shubuh, Sebab Tidak Ada Sholat Fardhu Lima Kali Yang Wajib Dikerjakan Tiap Tiap Hari Kecuali Sholat Sholat Tersebut. Wajib Dikerjakan Tiap Tiap Hari Kecuali Sholat Sholat Tersebut. 2. Lafadz: KULLI YAUMIN WALAILATIN, Tidak Menyebut Nama Hari: Ahad, 2. Lafadz: KULLI YAUMIN WALAILATIN, Tidak Menyebut Nama Hari: Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu, Hanya Disebut Tiap Tiap Hari Dan Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu, Hanya Disebut Tiap Tiap Hari Dan Malam. Ini Menunjukkan Mutlak Segala Hari Dari Hari Ahad Sampai Hari Sabtu. Malam. Ini Menunjukkan Mutlak Segala Hari Dari Hari Ahad Sampai Hari Sabtu. Tidak Boleh Ada Satu Hari Pun Yg Boleh Kurang Dari Sholat Fardhu Lima Kali Tidak Boleh Ada Satu Hari Pun Yg Boleh Kurang Dari Sholat Fardhu Lima Kali Tersebut, Meskipun Pada Hari JUM’AT. Tersebut, Meskipun Pada Hari JUM’AT.

    “LISHSHOLAATI MIN YAUMIL JUMU’ATI” “LISHSHOLAATI MIN YAUMIL JUMU’ATI” “Untuk Mengerjakan Sholat Pada Hari Jum’at.” (QS. Jumu’ah 9) “Untuk Mengerjakan Sholat Pada Hari Jum’at.” (QS. Jumu’ah 9) Ayat Ini Mengandung Ketentuan Ketentuan : Ayat Ini Mengandung Ketentuan Ketentuan : 1. Umat Islam Di Perintahkan Mengerjakan Sholat Selain Sholat Fardhu Yg Lima 1. Umat Islam Di Perintahkan Mengerjakan Sholat Selain Sholat Fardhu Yg Lima Kali Yaitu Tiap Tiap 7 Hari Sekali. Kali Yaitu Tiap Tiap 7 Hari Sekali. 5. Mengandung Ketentuan, Bahwa Sholat Jum’at Itu Bukan Sholat KULLI 5. Mengandung Ketentuan, Bahwa Sholat Jum’at Itu Bukan Sholat KULLI YAUMIN WALAILATIN Akan Tetapi Khusus YAUMIL JUM’AT, Bukan Sholat YAUMIN WALAILATIN Akan Tetapi Khusus YAUMIL JUM’AT, Bukan Sholat LAILATIL JUM’AT. LAILATIL JUM’AT.

    PERTANYAAN PERTANYAAN PERTANYAAN PERTANYAAN 1. Apakah Pernah Rosululloh Memerintahkan Sholat Dhuhur Setelah 1. Apakah Pernah Rosululloh Memerintahkan Sholat Dhuhur Setelah Sholat Jum’at ? Sholat Jum’at ? Jawab: Sholat Dhuhur Tidak Di Syariatkan Waktunya Setelah Sholat Jawab: Sholat Dhuhur Tidak Di Syariatkan Waktunya Setelah Sholat Jum’at. Jum’at. 2. Apakah Dalil Dalam Al Qur_an Maupun Hadits Yg Menerangkan Sholat Dhuhur 2. Apakah Dalil Dalam Al Qur_an Maupun Hadits Yg Menerangkan Sholat Dhuhur Setelah Sholat Jum’at ? Setelah Sholat Jum’at ? Jawab: Sholat Jum’at Tidak Disyariatkan Mengerjakan Sekaligus Sholat Dhuhur. Jawab: Sholat Jum’at Tidak Disyariatkan Mengerjakan Sekaligus Sholat Dhuhur. 3. Apakah Pernah Rosululloh Mengerjakan Sholat Dhuhur Setelah Jum’at ? 3. Apakah Pernah Rosululloh Mengerjakan Sholat Dhuhur Setelah Jum’at ? Jawab: Oleh Sebab Itu Tidak Pernah Rosululloh Atau Para Sahabatnya Sholat Jawab: Oleh Sebab Itu Tidak Pernah Rosululloh Atau Para Sahabatnya Sholat Dhuhur Setelah Sholat Jum’at, Dan Pula Tidak Pernah Memberikan Contoh Dhuhur Setelah Sholat Jum’at, Dan Pula Tidak Pernah Memberikan Contoh Sholat Jum’at Sekaligus Sholat Dhuhur. Sholat Jum’at Sekaligus Sholat Dhuhur. 4. Apakah Pernah Rosululloh Atau Para Sahabatnya 4. Apakah Pernah Rosululloh Atau Para Sahabatnya Mengerjakan Sholat Jum’at Mengerjakan Sholat Jum’at Sekaligus Sholat Dhuhur ? Sekaligus Sholat Dhuhur ? Jawab: Yang Ada, Pernah Dalam Syariat Islam Yaitu Pernah Sholat Dhuhur Di Jawab: Yang Ada, Pernah Dalam Syariat Islam Yaitu Pernah Sholat Dhuhur Di Tiap Tiap Waktu Dhuhur Disegala Hari. Dan Pernah Sholat Jum’at Di Tiap Tiap Tiap Tiap Waktu Dhuhur Disegala Hari. Dan Pernah Sholat Jum’at Di Tiap Tiap Hari Jum’at. Oleh Sebab Itu, Yg Ada Contoh Dari Rosululloh Yaitu: Sholat Hari Jum’at. Oleh Sebab Itu, Yg Ada Contoh Dari Rosululloh Yaitu: Sholat Dhuhur Di Tiap Tiap Waktu Dhuhur, Dan Contoh Sholat Jum’at Di Tiap Tiap Hari Dhuhur Di Tiap Tiap Waktu Dhuhur, Dan Contoh Sholat Jum’at Di Tiap Tiap Hari Jum’at. Jum’at. PERTANYAAN SEBALIKNYA PERTANYAAN SEBALIKNYA 1. Manakah Dalil Al Qur’an Maupun Hadits Yg Menerangkan, Sholat Dhuhur 1. Manakah Dalil Al Qur’an Maupun Hadits Yg Menerangkan, Sholat Dhuhur Terhapus Pada Tiap Tiap Hari Jum’at ? Terhapus Pada Tiap Tiap Hari Jum’at ? 2. Manakah Dalil Al Qur’an Maupun Hadits Yg Menerangkan, Sholat Jum’at Itu 2. Manakah Dalil Al Qur’an Maupun Hadits Yg Menerangkan, Sholat Jum’at Itu Gatinya Sholat Dhuhur ? Gatinya Sholat Dhuhur ? 3. Manakah Dalil Al Qur’an Maupun Hadits Yg Menerangkan, Gugur Kewajiban 3. Manakah Dalil Al Qur’an Maupun Hadits Yg Menerangkan, Gugur Kewajiban Sholat Dhuhur Pada Hari Jum’at Itu Bagi Orang Yg Mengerjakan Sholat Jum’at ? Sholat Dhuhur Pada Hari Jum’at Itu Bagi Orang Yg Mengerjakan Sholat Jum’at ? 4. Manakah Contoh Dari Rosululloh / Para Sahabat Nabi, Tidak Mengerjakan 4. Manakah Contoh Dari Rosululloh / Para Sahabat Nabi, Tidak Mengerjakan Sholat Dhuhur ? Sholat Dhuhur ? PERBEDAAN PERBEDAAN ANTARA SHOLAT DHUHUR DENGAN SHOLAT JUM’AT PERBEDAAN PERBEDAAN ANTARA SHOLAT DHUHUR DENGAN SHOLAT JUM’AT 1. Sholat Dhuhur Turun Perintahnya Waktu Rosululloh Di Makkah. 1. Sholat Dhuhur Turun Perintahnya Waktu Rosululloh Di Makkah. Sholat Jum’at Perintahnya Turun Di Madinah. Sholat Jum’at Perintahnya Turun Di Madinah. 2. Sholat Dhuhur Perintahnya Di Terima Di Sidrotul Muntaha. 2. Sholat Dhuhur Perintahnya Di Terima Di Sidrotul Muntaha. Sholat Jum’at Perintahnya Di Terima Di Bumi. Sholat Jum’at Perintahnya Di Terima Di Bumi. 3. Sholat Dhuhur Wajib Atas Segala Ummat Islam. 3. Sholat Dhuhur Wajib Atas Segala Ummat Islam. Sholat Jum’at Tidak Wajib Untuk Seluruh Ummat Islam. Sholat Jum’at Tidak Wajib Untuk Seluruh Ummat Islam. 4. Sholat Dhuhur Wajib Atas Kaum Wanita. 4. Sholat Dhuhur Wajib Atas Kaum Wanita. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Kaum Wanita. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Kaum Wanita. 5. Sholat Dhuhur Wajib Atas Kaum Hamba Sahaya. 5. Sholat Dhuhur Wajib Atas Kaum Hamba Sahaya. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Hamba Sahaya. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Hamba Sahaya. 6. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Yang Sakit. 6. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Yang Sakit. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Orang Sakit. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Orang Sakit. 7. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Orang Musafir. 7. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Orang Musafir. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Orang Musafir. Sholat Jum’at Tidak Wajib Atas Orang Musafir. 8. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Yg Lupa. 8. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Yg Lupa. Sholat Jum’at Tidak Wajib Bagi Orang Yg Lupa. Sholat Jum’at Tidak Wajib Bagi Orang Yg Lupa. 9. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Yg ‘Udzur Karena Ketiduran. 9. Sholat Dhuhur Wajib Atas Orang Yg ‘Udzur Karena Ketiduran. Sholat Jum’at Tidak Wajib Bagi Orang Yg Ketiduran. Sholat Jum’at Tidak Wajib Bagi Orang Yg Ketiduran. 10. Sholat Dhuhur Tetap Wajib Bagi Orang Yg ‘Udzur. 10. Sholat Dhuhur Tetap Wajib Bagi Orang Yg ‘Udzur. Sholat Jum’at Boleh Ditinggalkan Bila ‘Udzur. Sholat Jum’at Boleh Ditinggalkan Bila ‘Udzur. 11. Sholat Dhuhur Ditinggalkan Dengan Sengaja Meskipun Satu Kali Menjadi 11. Sholat Dhuhur Ditinggalkan Dengan Sengaja Meskipun Satu Kali Menjadi Kufur. Kufur. Sholat Jum’a T Ditinggalkan Satu/Dua Kali Tidak Jdai Kufur. Sholat Jum’a T Ditinggalkan Satu/Dua Kali Tidak Jdai Kufur. 12. Sholat Dhuhur Tidak Ada Rukhshoh Bagi Orang Yg Sholat Idul Fithri Dan Idul 12. Sholat Dhuhur Tidak Ada Rukhshoh Bagi Orang Yg Sholat Idul Fithri Dan Idul Adlha. Adlha. Sholat Jum’at Ada Rukhsoh Bagi Orang Yg Mengerjakan Sholat Idul Fithri Dan Sholat Jum’at Ada Rukhsoh Bagi Orang Yg Mengerjakan Sholat Idul Fithri Dan Adlha. Adlha. 13. Sholat Dhuhur Bisa Di Jama’ Dgn Sholat Ashar. 13. Sholat Dhuhur Bisa Di Jama’ Dgn Sholat Ashar. Sholat Jum’at Tdk Ada Jama’ Baginya. Sholat Jum’at Tdk Ada Jama’ Baginya. 14. Sholat Dhuhur Bisa Di Qoshor. 14. Sholat Dhuhur Bisa Di Qoshor. Sholat Jum’at Tdk Ada Qoshor Baginya. Sholat Jum’at Tdk Ada Qoshor Baginya. 15. Sholat Dhuhur Tdk Memakai Khutbah. 15. Sholat Dhuhur Tdk Memakai Khutbah. Sholat Jum’aj Memakai Khuthbah. Sholat Jum’aj Memakai Khuthbah. 16. Sholat Dhuhur Bacaannya Suratnya Dgn Samar. 16. Sholat Dhuhur Bacaannya Suratnya Dgn Samar. Sholat Jum’at Bacaanya Suratnya Jelas/Keras. Sholat Jum’at Bacaanya Suratnya Jelas/Keras. 17. Sholat Dhuhur Wajib Tiap Tiap Hari. 17. Sholat Dhuhur Wajib Tiap Tiap Hari. Sholat Jum’at Hanya 7 Hari Sekali. Sholat Jum’at Hanya 7 Hari Sekali. 18. Sholat Dhuhur Waktunya Mulai Gelincir Matahari Sampai Bayangan Sama 18. Sholat Dhuhur Waktunya Mulai Gelincir Matahari Sampai Bayangan Sama Dgn Panjang Badan Orangnya. Dgn Panjang Badan Orangnya. Sholat Jum’at Waktunya 12 Jam. Sholat Jum’at Waktunya 12 Jam. 19. Sholat Dhuhur Kedudukannya Sebagai Tiang Agama. 19. Sholat Dhuhur Kedudukannya Sebagai Tiang Agama. Sholat Jum’at Kedudukannya Sebagai Sholat Ied Tiap Tiap 7 Hari. Sholat Jum’at Kedudukannya Sebagai Sholat Ied Tiap Tiap 7 Hari. 20. Seluruh Umat Islam Tdk Ada Yg Berselisihan Mengenal Hukumya Sholat 20. Seluruh Umat Islam Tdk Ada Yg Berselisihan Mengenal Hukumya Sholat Dhuhur Yaitu Fardhu ‘Ain. Dhuhur Yaitu Fardhu ‘Ain. Hukumnya Sholat Jum’at Umat Islam Tdk Sama Pendapatnya Ada Yg Mengatai : Hukumnya Sholat Jum’at Umat Islam Tdk Sama Pendapatnya Ada Yg Mengatai : Fardhu ‘Ain, Fardhu Kifayah Dan Sunnah. Fardhu ‘Ain, Fardhu Kifayah Dan Sunnah. 21. Rosululloh Tidak Pernah Meninggalkan Sholat Dhuhur. 21. Rosululloh Tidak Pernah Meninggalkan Sholat Dhuhur. Tapi Beliau Pernah Meninggalkan Sholat Jum’at Di Waktu Haji Wada’. Tapi Beliau Pernah Meninggalkan Sholat Jum’at Di Waktu Haji Wada’. 22. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. 22. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. Meninggalkan Sholat Jum’at Satu Kali Tidak Kufur. Meninggalkan Sholat Jum’at Satu Kali Tidak Kufur. 23. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. 23. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. Meninggalkan Sholat Jum’at Dua Kali Tidak Kufur. Meninggalkan Sholat Jum’at Dua Kali Tidak Kufur. 24. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. 24. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. Meninggalkan Sholat Jum’at Tiga Kali, Bila Ada Udzur Tidak Munafiq. Meninggalkan Sholat Jum’at Tiga Kali, Bila Ada Udzur Tidak Munafiq. 25. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. 25. Meninggalkan Sholat Dhuhur Sekali Jadi Kufur. Meninggalkan Sholat Jum’at Tiga Kali, Tanpa Udzur Barulah Di Catat Munafiq. Meninggalkan Sholat Jum’at Tiga Kali, Tanpa Udzur Barulah Di Catat Munafiq. 26. Waktu Dhuhur Bukan Waktu Ied. 26. Waktu Dhuhur Bukan Waktu Ied. Hari Jum’at Disebut Juga Hari Ied Atau Hari Raya. Hari Jum’at Disebut Juga Hari Ied Atau Hari Raya. 27. Sholat Dhuhur 7 Hari Iya 7 Kali. 27. Sholat Dhuhur 7 Hari Iya 7 Kali. Sholat Jum’at 7 Hari Cukup Sekali. Sholat Jum’at 7 Hari Cukup Sekali. Setelah Mengetahui Perbedaan Perbedaan Antara SHOLAT DHUHUR Dengan Setelah Mengetahui Perbedaan Perbedaan Antara SHOLAT DHUHUR Dengan SHOLAT JUM’AT Yg Begitu Banyaknya Dan Begitu Menyoloknya, Kita SHOLAT JUM’AT Yg Begitu Banyaknya Dan Begitu Menyoloknya, Kita Mengetahui Bahwa SHOLAT DHUHUR Tidak Ada Hubungan Apa Apa Dengan Mengetahui Bahwa SHOLAT DHUHUR Tidak Ada Hubungan Apa Apa Dengan SHOLAT JUM’AT. Adapun Lelucon Yg Tidak Lucu, Orang Bilang SHOLAT JUM’AT SHOLAT JUM’AT. Adapun Lelucon Yg Tidak Lucu, Orang Bilang SHOLAT JUM’AT Itu Dikatakan Sebagai Gantinya SHOLAT DHUHUR. Lebih Lebih Lagi Orang Itu Dikatakan Sebagai Gantinya SHOLAT DHUHUR. Lebih Lebih Lagi Orang Mengatakan Pada Hari JUM’AT Dikatakan SHOLAT DHUHUR Tidak Disyari’atkan Mengatakan Pada Hari JUM’AT Dikatakan SHOLAT DHUHUR Tidak Disyari’atkan Lagi. Lagi.


  25. Assalamualaikum

    Menurut saya jika tidak sholat jumat karena masalah pekerjaan, itu dosa! karena lebih mementingkan pekerjaan daripada kewajiban memenuhi panggilan allah, jadi klo bisa berhenti aja dari pekerjaan itu. (berat yach?)karena saya juga begitu.
    cuma ada empat golongan yg di perbolehkan untuk sholat dzuhur pada hari jumat, yaitu wanita, musafir, budak anak kecil. (berdasarkan hadist yg diriwayatkan imam muslim)

    sholat lima waktu lebih dahulu diperintahkan allah kepada kita, setelah itu baru ada perintah sholat jumat, berarti sholat jumat itu sebagai penyempurna perintah sholat2 yg terdahulu, jadi menurut saya bukan sholat dzuhur yg pengganti jumat, tapi sholat jumat yg pengganti dzuhur/ penyempurna.

    saya tau meninggalkan sholat jumat itu dosa, karena saya tidak termasuk empat golongan yg diatas, menurut pemikiran saya jika penyempurnanya/sholat jumat tidak dilaksanakan karena tidak termasuk golongan diatas berarti berdosa dan otomatis kewajiban yg lama, alias perintah sholat lima waktu (dzuhur) wajib dilaksanakan, menurut saya biar dosanya gak tambah double! karena meninggalkan sholat jumat dan dzuhur.

    jadi doakan saya semoga bisa mendapatkan hidayah untuk keluar dari pekerjaan ini dan mendapatkan pekerjaan yg membuat saya lebih dekat denganNYA

    lakukan apa yg menurutmu baik, niatkan untuk allah semata.

    maaf klo ada salah dalam perkataan saya atau menurut anda saya berbicara tanpa ilmu. jangan marah yach! klo ada salah ya tolong saya diingetin.

    terimaksih Wassalamualaikum


  26. ass.wb kepada kaum muslimin seluruh dunia kita semua sudah tau bahwa sholat dhuhur itu wajib di laksanakan dimanapun anda berada oleh sebab itu jangan sampai kita meniggalkan sholat dhuhur tidak boleh Ada alassan apaun anda sakit
    dan kita semua tau kita di wajib kan sholat di hari jum’at (jum’atan) ke masjid. jangan sampai di tinggal kan kecuali Ada alasan yg di benarkan
    jadi kesimpulannya siapa yg berani meninggalkan sholat diwaktu dhuhur dia termasuk orang yg berdosa karena tidak ta’at perintah alloh. wassalam


  27. ana mau tanya
    apa hukumnya niat solat dzuhur tpi pada saat solat jumat??


  28. 1.Lima shalat adalah kewajiban shalat lima waktu / shalat fardhu ‘ain lima waktu sehari semalam di segala hari bagi muuslim yang baliigh termasuk di hari Jum’at, bukan lima kali shalat.
    2. shalat fardhu ‘ain Jumu’ah adalah shalat ‘Ied seminggu sekalli di siang hari Jum’at bagi yang beriman saja… pria/wanita mukmin yang baligh. Sama sekalli tidak ada kaitannya dengan shalat fardhu zhuhur di hari Jum,at. Periksa Shahih Bukhari no 1395 dan 1496 serta 906.
    3. silakan periiksa album kajjian pribadi saya di fb address Indra Saksana


  29. Ass. wr.wb.
    Bismillah smoga Allah Memberi Rahmat kepada kita sekalian di dunia dan di akhirat. perkenankanlah saya menyampaikan apa yang saya tau dan yakini terkait topik Hukum sholat Dhuhur di hari jumat. yaitu “Wajib”. setidaknya ada beberapa alasan sholat jumat bukanlah pengganti maupun yang menyebabkan gugurnya kewajiban sholat dhuhur, yaitu:

    1. Dari dalil Al-qur’an maupun Hadist shoheh (Bhukhori-Muslim, sebagai rujukan utama
    kaum Sunni) tidak di ketemukan dasar gugurnya kewajiban sholat dhuhur setelah
    seseorang sholat jumat di hari jumat.

    2. Dari peristiwa turunnya perintah sholat dhuhur dan jumat jelas menunjukkan kan
    keutamaan yang berbeda. di mana sholat dhuhur yg merupakan bagian yang tidak
    terpisahkan dari perintah sholat 5 waktu sehari semalam di terima rosululloh langsung
    dari Allah saat peristriwa Isra’ mi’raj dan merupakan barometel baik maupun jelek
    manusia di hadapan Allah, sedangkan turunnya perintah sholat Jumah
    melalui perantara Malaikat Jibril.

    3. Dari waktu pelaksanaan juga berbeda l:
    -kalo sholat dhuhur hanya dapat dilaksanakan di waktu dhuhur pada setiap hari,
    yaitu ketika bayangan
    matahari sdh tergelincir s/d bayang2 benda sama dengan panjang
    asli benda tersebut.
    -sedangkan sholat jumat dapat di laksanakan sepanjang hari, yaitu dari awal waktu
    dhuha hingga habis waktu asyar.(yaumul Jumuah/sepanjang hai jumat)

    4. Dari sudut hukum syar’i memberi hukuman bagi seorang muslis yang tidak melakukan
    sholat tersebut, juga berbeda:
    – bagi siapapun yang meninggalkan salah satu sholat wajib yang 5 meskipun sekali
    (termasuk dhuhur) dengan sengaja dan dengan alasan yang tidak dapat di benarkan
    secara syari, maka hukumnya “telah ingkar” , (ingkar=kafir)
    -sedangkan barang siapa meinggalkan sholat jumat dengan sengaja dan dengan
    alasan yang tidak dapat di benarkan secara syar’i 1x,2x tidak ada hukum yang dapat
    di kenakan secara syar’i, baru ketika sudah 3x berturut-turut maka hukum syar’i
    dapat menghukumi sebagaimana orang “munafik”

    Kebenaran Hanya Milik Allah dan Rosulnya. sekali lagi saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu dan yakini, smoga ada manfaatnya. akhirnya saya mohon maaf klo ada sesuatu yang salah,atau tidak berkenan.

    terimaksih Wassalamualaikum


  30. Pendpatnya sangat beragam adan yang dan pro dan kontra, perlu pemahaman yang dalam agar bisa mengikuti pendapat yang akan diikuti.


  31. Assalamálaikum Wr Wb.
    1. pada dasarnya hukum sholat dhuhur wajib (isra mi’raj dan tidak akan di ubah di ganti)
    2. hukum sholat Jumát wajib juga
    3. semuanya tahu wajib haruslah dikerjakan artinya normalnya dhuhur dan jumat semua dikerjakan karena sama2 wajib (hukum asal)
    4. kalau shalat tersebut saling mengganti haruslah yg berpendapat demikian yg mengeluarkan dalil
    5. mayoritas muslim meninggalkan dhuhur di hari jumát (bukan hukum asal dan harus ada landasan)
    6. jangan menyalahkan yang sholat dhuhur karena mereka sudah normal melaksanakan perintah wajib
    7. kitalah yang meninggalkan dhuhur karena jumát yang mengelurkan dalil
    8. tdk ada dalil sholat lima waktu atau lima kali sehari semalam yg ada sholat lima atau lima sholat
    9. Alhamdulillah degan adanya sholat jenazah bisa menerangkan bahwa muslim minimal mengerjakan 6x shalat meski hari itu hari jumat dan meninggalkan dhuhur


  32. sholat 5 (subuh,dhuhur,ashar,maghrib,isya) wajib
    shalat jumat wajib

    sebelumnya saya mohon maaf tidak bermaksud menyakiti pihak manapun ini adalah ilmu yang saya pelajari
    alasan kenapa shalat jumat mengganti dhuhur
    1. Alloh hanya mewajibkan 5 KALI sholat
    - matan hadistnya bukan lima kali tapi LIMA SHOLAT
    - kalau di pahami KALI maka boleh dikatakan sholat jenazah pengganti solat subuh,atau dhuhur, atau ashar, atau maghrib, atau isya,
    - kalau ada jenazah disholati maka orang tersebut tdk dikatakan shalat 6 tapi sholat 5 + sholat ied
    - kalau sholat jumat wajib dhuhur juga wajib juga bkn berarti shalat 6 tapi sholat 5 + sholat Ied (jumat
    - kalau jumat pengganti dhuhur justru tdk sholat 5 tapi sholat 4 + sholat dhuhur)
    - dari segi jumlah sholat lima ya sholat lima (subuh dhuhur ashar maghrib isya)
    - tentang sholat lima adalah ketetapan Alloh dalam Mi’roj Rosululloh dan tdk akn di ganti

    2- knpa yg diganti jumat itu dhuhur kok bnukan ashar atau isya atau subuh atau maghrib
    -karena kurang memahami waktu sholat jumat, berdasarkan dalil2 yg ada waktu sholat jumat itu HARI jumat
    - jumat di waktu dhuhur sama halnya sholat menghadap arah barat (bukan kiblat)
    - ayat terakhir annisa 103 sholat didirikan atas waktunya MASINGMASING artinhya tdk mungkin sholat satu menempati sholat lain, yang mungkin bertepatan
    - sholat ibadahnya dhuhur waktunya
    - sholat ibadahnya jumat waktunya
    - sholat ibadahnya jenazah waktunya
    - setiap sholat pasti dinamakan berdasarkan waktu.
    - artinya alasan jumat pengganti dhuhur dari segi waktu itu tdk kuat atau terbantahkan

    3- meninggalkan sholat dhuhur karena tidak disyariatkan sholat dhuhur setelah jumat
    - itu karena berdasar dalil sholat lima tapi dari dalil sholat jumat
    - harusnya mencari dalil sholat dhuhur ya di dalil sholat lima bukan dari dalil sholat jumat
    - kenapa tdk ada hadist nabi yang tetap mewajibkan dhuhur, justru karena tidak ada hadist karena zaman rosululloh tidak ada masalah sholat jumat pengganti dhuhur muncul pada masa ulama madzhab menurut kitab tanwirul qulub fii muamalah alamil ghuyub

    4- menurut saya berdasarkan dalil2 dan setelah mempelajari keduanya (pengganti dan bukan pengganti):
    - lebih kuat bukan pengganti
    - yang mengeluarkan dalil serta alasan harus yang meninggalkan dhuhur bukan yang tetap wajib dhuhur
    - karena hukum asalnya sholat dhuhur dan jumat sama2 wajib
    - jika benar sholat jumat pengganti dhuhur akan bertabrakan dengan logika serta bertentangan denggan sholat2 lain artinya hukum islam hancur
    - insya Alloh jika kita tmenyampingkan emosi dan mau mempelajari lebih dalam, akan menemukan jalan
    - jangan ikuti pendapat saya tapi silakan diteliti sendiri dan diskusikan bersama ummat muslim lain dan yang terakhir
    - janganlah berTaklid dan mengikuti satu pendapat saja sesungguhnya dasar islam hanya Al Quran dan AS Sunnah


  33. Bismilah,
    menurut pendapat saya sih karena merasa subhat yang mana tidak ada satupun dalil dan dari Quran yang menggugurkan solat zuhur di hari jumat, jadi saya mengambil rudsoh saja seperti solat id pada hari Jumat, solat jama qosor dalam safar mudah-mudahan Alloh meridoinya amin wasalam


  34. kalau menurut saya simple sholat Dhuhur diperintahkan sholat Jum’at juga diperintahkan…
    hukum asalnya bagaimanapun juga sama-sama wajib dikerjakan
    jadi yang sholat dhuhur meskipun sholat Jumat itu tidak salah apa-apa dan jangan di mintai dalil…
    justru yang meninggalkan sholat Dhuhurlah yang harus mengeluarkan dalil
    itu yang namanya ushul fikih, ilmu pengetahuan…


  35. hubungi saya di facebook ketik nama lengkap pasti muncul saya tunggu yang mau berdiskusi masalah sholat Jum’at dan Sholat Dhuhur

Leave a Reply