Khasiat Daging Biawak Untuk Kesehatan

Posted By on January 2, 2012

Dilihat dari bentuk fisiknya, biawak seolah mahluk purba yang bertahan selama jutaan tahun dan bertahan hingga kini. Sejak lama, biawak menjadi salah satu hewan buruan manusia untuk dikonsumsi. Banyak orang yang mempercayai bahwa reptil ini memiliki khasiat tersendiri bagi manusia.

Biawak masuk ke dalam golongan kadal besar, suku Varanidae. Biawak dalam bahasa lain biasa disebut: bayawak (Sunda), menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), dan monitor lizard atau goanna (Inggris). Di Nusantara, biawak kerap ditemui di desa-desa dan tentunya di Pulau Biawak yang berlokasi di Kabupaten Indramayu.

Hewan ini kebanyakan biawak air dari jenis Varanus Salvator, dengan panjang tubuh (moncong hingga ujung ekor) umumnya hanya berkisar 1 meter, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2.5 meter.

Biawak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma dan penyakit kulit. Daging biawak untuk mengatasi penyakit asma, sedangkan minyak dari biawak digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Daging biawak umumnya berwarna putih seperti daging ayam, dengan tekstur agak ulet karena serat yang lebih rapat seperti daging kuda. Warung makan yang menyajikan daging biawak biasa mengolahnya menjadi sate, sop atau rendang.

Sedangkan untuk penyakit kulit, seperti luka bakar, alergi atau gatal-gatal dapat diatasi dengan menggunakan minyak biawak. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah karena kini telah banyak terdapat penjual minyak biawak. Tetapi jika anda berminat untuk membuatnya sendiri berikut langkah-langkahnya.

Sediakan daging biawak yang telah dibersihkan, gorenglah daging tersebut tanpa minyak goreng. Setelah sekian menit, minyak biawak akan keluar dari dagingnya. Setelah dingin, oleskan minyak biawak tersebut pada kulit yang mengalami luka. Dengan melakukan secara teratur 3 kali sehari, dipercaya bahwa luka bakar, gatal-gatal dan alergi kulit akan teratasi. Bahkan minyak biawak ini juga dipercaya dapat menghaluskan kulit.

Sumber: Buku Ensiklopedia Binatang Penyembuh oleh Astri D Hadi

About the author

Comments

9 Responses to “Khasiat Daging Biawak Untuk Kesehatan”


  1. izin copas artikelnya pak


  2. baru tahu nih ternyata berguna, trims ya infonya, salam


  3. Anak saya yg berusia 2.5 tahun ini menderita penyakit eczema (eksma). Kami telah mencoba memakai minyak biawak ini dan kami mau tau, biasanya kalau kita sudah pake minyak biawak ini dikulit, berapa hari kemudian gatal2nya itu bisa menghilang atau berkurang? Kami sudah memakinya selama 2 hari , tapi masih belum ada perkembangan apapun. Anak saya masih terus saja gatal2 and akibatnya garuk sini dan sana. Terima kasih atas bantuan informasinya sebelumnya. Anang


  4. salam saya bisa sediakan banyak biawak,,mulai dri ukuran kecil sampai yang besar,,dan di daerah saya banyak biawak,,jika bapak mau mari kita saling kerja sama,,tuk informasi lanjut silakan bpk hubungi saya m,,,081363393283,,saya lokasi ada di padang sumatra barat,,,,,wasalam,


  5. thx buat artikel informasi nya


  6. thx infonya,,ijin share


  7. sorry…

    saya sudah lama alergi, dan sulit sekali untuk dismbuhkan.. apa bisa dengan daging biawak ini??? saya pernah mmbeli satenya, saking udah kesl dgn penyakit ini.. minta saran yah


  8. Maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakasih bro ats informasinya!


  9. anak saya dari kecil sudah gatal2 sampai skr umur 8 th masih gatal2. dan bekas luka dimana2 terutama di kaki… apakah bisa di obati dg minyak biawak ?….

Leave a Reply