Pengobatan Alami Untuk Muntah Pada Anak-Anak

Posted By on June 3, 2011

Vomiting atau muntah adalah keluarnya isi lambung secara kuat melalui mulut. Kontraksi otot pada perut dan rongga diafragma menyebabkan tekanan yang terjadi di dalam perut dan memaksa isinya keluar dari perut. Pada umumnya, muntah selalu diawali dengan rasa mual dengan cairan yang lebih yang terasa dalam mulut.

Muntah adalah masalah biasa yang sering dihadapi oleh bayi dan anak kecil. Muntah sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit melainkan gejala-gejala awal dari penyakit yang terjadi pada anak-anak. Hal itu karena gangguan yang terjadi pada pusat sumsum atau selaput lendir di dalam perut.

Muntah bisa terjadi secara ringan ataupun hebat. Muntah ringan biasanya disebabkan oleh gelembung yang menyebabkan mulas dan rasa sakit di dalam perut yang akan segera sembuh ketika penderita itu muntah. Biasanya, anak kecil terlalu banyak minum susu. Dia kemudian merengek-rengek, tidak nyaman dan tidak bisa tidur. Segera setelah dia memuntahkan sedikit susu yang telah dia minum kemudian dia kembali menjadi sehat dan akan tertidur. Proses terjadinya muntah pada anak yang lebih besar juga sama, dia merasakan sakit pada perut setelah makan atau minum terlalu banyak, kemudian dia muntah. Bagaimanapun juga, muntah yang terjadi di dalam jangka waktu yang lama dan sering terjadi bisa dikategorikan muntah hebat yang serius dan memerlukan perawatan yang baik dan benar.

Penyebab muntah itu banyak dan bermacam-macam. Muntah adalah hal yang biasa terjadi akibat dari gangguan fungsional dan organik. Muntah bisa jadi disebabkan oleh gangguan pencernaan yang akut dan kronis, gangguan syaraf dan gangguan reflek. Infeksi sistem yang akut seperti demam, khususnya yang terjadi pada anak-anak sering disertai dengan muntah dan diare berat. Infeksi yang disebabkan virus, bakteri dan parasit yang terjadi pada sistem pencernaan biasanya dikaitkan dengan muntah hebat yang disertai dengan diare. Muntah yang hebat sering terjadi pada penderita hepatitis yang disebabkan virus, bahkan sebelum munculnya penyakit kuning.

Penyebab muntah yang lain adalah dari faktor emosi seperti takut dan ketakutan yang tiba-tiba. Takut bisa menghambat kerja jantung yang mengakibatkan tersendatnya aliran darah ke permukaan tubuh dalam jumlah yang dibutuhkan. Hal itu mengakibatkan pasien menjadi pucat dan cemas bahkan muntah dan diare. Ketakutan secara tiba-tiba juga bisa mengakibatkan terganggunya sistem syaraf. Jika terjadi pada anak kecil dia mungkin bisa kejang dan akhirnya muntah.

PENGOBATAN

  • Yang harus dilakukan jika terjadi muntah adalah tergantung dari penyebab yang sebenarnya dari jenis muntah itu sendiri. Jika mengalami muntah ringan, yang harus dilakukan adalah dengan menggelikan tenggorokan dengan menggunakan bulu yang diolesi dengan minyak.
  • Jika orang tua tidak bisa memastikan penyebab yang sebenarnya, yang harus dilakukan dengan menidurkan si anak untuk beristirahat. Orang tua tidak boleh memberikan apa-apa kecuali minum yang hangat. Anak kecil yang penurut dapat diberikan cairan air hangat untuk membersihkan usus besarnya. Buah-buahan yang segar serta diet cair juga dapat diberikan setelah gejala akutnya hilang. Kemudian, penderita boleh memulai untuk melakukan diet seimbang sesuai dengan usianya dengan menekankan pada pemberian buah segar dan sayur mayur yang sudah dimasak.
  • Pengobatan alami tertentu telah diyakini sangat bermanfaat dalam mengatasi muntah. Di antara pengobatan-pengobatan yang ada, yang paling manjur adalah dengan memberikan limau, buah yang sangat berguna untuk menghentikan muntah. Setengah sendok teh jus limau dan madu sangat baik diberikan 2 atau 3 kali setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh.
  • Jahe juga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi muntah yang disebabkan oleh dyspepsia (gangguan pencernaan), gas di dalam perut, kejang, mulas dan gangguan perut dan usus besar lainnya yang tidak disertai demam. Seperempat sendok teh sari jahe segar dicampur dengan setengah sendok teh sari buah limau segar dan mint ┬áserta satu sendok teh madu juga efektif untuk menjaga kondisi yang harus diberikan dua kali sehari.
  • Air kelapa juga merupakan obat yang baik sekali untuk mengatasi muntah. Air kelapa dapat membuat perut dan kondisi kita menjadi sejuk dan itu bermanfaat untuk menghilangkan gangguan-gangguan terhadap perut dengan meminumnya sebanyak setengah cangkir setiap hari.
  • Penerapan kantong es yang ditempelkan pada perut dan tulang belakang juga merupakan metode yang efektif untuk menjaga kondisi tubuh. Kantong pengompres perut dan kompres yang hangat digunakan selama satu jam merupakan obat lain yang juga berguna sekali untuk mengatasi muntah yang berkepanjangan.

Sumber : Buku Pengobatan Alami Pada Anak-Anak Oleh Dr. Sanjay Dash

About the author

Comments

3 Responses to “Pengobatan Alami Untuk Muntah Pada Anak-Anak”


  1. Alhamdulillah, posting yang bermanfaat. Khoirukum Anfa’uhum Linnas…


  2. terimakasih,,,insha allah ini sangat membantu saya


  3. terimakasih sangat bermanfaat

Leave a Reply